Arnold Arzelan
8335154461
S1 AP Akuntansi 2015
Universitas Negeri Jakarta
UTS
MANAJEMEN PEMASARAN
1. Apakah yang dimaksud pemasaran? Jelaskan beserta perubahan teori dan konsep pemasaran!
Jawab :
Pemasaran adalah suatu aktivitas dalam
proses social di mana masing-masing individu dan kelompok mendapatkan apa yang dibutuhkan
dan diinginkan dengan menciptakan (barang atau jasa), mengkomunikasikan, menawarkan,
mengirimkan dan mempertukarkan barang atau jasa yang bernilai tersebut dengan
pihak lain.
Perubahan teori yang terjadi pada
pemasaran sudah mengalami 5 perubahan. Dimulai dari era pertukaran sederhana
(simple trade era), era produksi (production era), era penjualan (sales era),
era departemen pemasaran (marketing departemen era), dan era perusahaan pemasaran
(marketing company era). Semua perubahan ini terjadi dikarenakan adanya
perubahan pada lingkungan internal dan eksternal dari pemasaran itu sendiri. Seperti
misalkan karena adanya perubahan gaya hidup di masyarakat, memenuhi
kebutahan/keinginan konsumen dan untuk memiliki keunggulan bersaing
(competitive advantages)
Konsep pada pemasaran :
a.
Konsep Produksi
Ide dasarnya
adalah untuk mengidentifikasi produk apakah yang paling banyak digunakan oleh
konsumen. Konsep ini berpendapat bahwa konsumen akan menyukai produk yang tersedia
dimana-mana dengan harga yang murah.
Contoh :
produk-produk China, seperti computer Lenovo yang cukup mendominasi dan kompetitif di pasaran, harga yang
terjangkau dengan biaya tenaga kerja yang rendah, dan efisiensi produk yang
tinggi
b.
Konsep Produk
Konsep ini
mengatakan bahwa konsumen akan menyukai produk yang menawarkan mutu, performansi
dan terus melakukan improvement/peningkatan. Karena konsumen juga pasti tahu
tentang kualitas produk, tidak hanya harga yang murah saja. Oleh karena itu,
produk yang dihasilkan harus memiliki nilai yang baik, memiliki kelebihan
dibanding produk sejenis lainnya, memiliki inovasi dan perbaikan yang
berkelanjutan (terus-menerus) dan juga tahan lama.
Contoh :
konsumen akan lebih memilih untuk menggunakan pesawat dibandingkan kereta,
meskipun biayanya lebih mahal
c.
Konsep Penjualan
Konsep ini
berpendapat bahwa konsumen hanya akan membeli suatu produk jika perusahaan
tersebut melakukan penjualan dalam skala besar dan melakukan promosi secara
agresif. Konsep ini diterapkan untuk penjualan barang dan jasa yang mana pada
umumnya tidak dibeli oleh konsumen, seperti Asuransi, kamus, dll. Tujuannya
ialah untuk menjual apa yang diproduksi oleh perusahaan, dibandingkan membuat
produk yang diinginkan oleh konsumen
Contoh :
penjualan produk Asuransi
d.
Konsep Pemasaran
Konsep ini focus kepada kebutuhan/keinginan dari
target pasar mereka dan menyampaikan keunggulan produknya dibandingkan dengan
competitor serta memberikan kepuasan yang diharapkan (customer oriented). Maka
dari itu, produk harus dipasarkan sedemikian rupa sehingga konsumen merasa
bahwa suatu produk telah dibuat khusus untuknya.
Contoh : produk shampoo / sabun dengan berbagai
varian, untuk memenuhi keinginan dan selera konsumen yang berbeda-beda
e.
Konsep Pemasaran Sosial
Pada konsep ini, perusahaan tidak boleh hanya focus
kepada konsumen tetapi juga kepada masyarakat social. Jadi, perusahaan harus
bisa menjaga keseimbangan antara keuntungan perusahaan, kebutuhan konsumen dan
kesejahteraan masyarakat.
Contoh : perusahaan yang memproduksi produk yang
eco-friendly, melakukan CSR dll
f. Konsep Pemasaran Global
f. Konsep Pemasaran Global
Pada konsep
ini, para manajer eksekutif berupaya memahami semua faktor- faktor
lingkungan yang mempengaruhi pemasaran melalui manajemen strategis. tujuan
akhirnya adalah berupaya untuk memenuhi keinginan semua pihak yang terlibat,
mulai dari perencanaan, proses produksi, penempatan dan mempromosikan produk .
2. Jelaskan
bagaimana konsep pemasaran di perusahaan tempat Anda bekerja (jika belum
bekerja tempatnya adalah di kampus)!
Jawab :
Saya bekerja di
perusahaan yang bergerak di bidang asuransi. Konsep pemasaran yang digunakan
ialah Konsep Pemasaran (marketing concept), di mana perusahaan Asuransi
berusaha menjual, mempromosikan dan mengenalkan produknya ke konsumen.
Pemasarannya dilakukan dengan beberapa cara dan pendekatan, yaitu :
· - Langsung dengan Tertanggung (B2C), yaitu
pemasaran yang dilakukan secara langsung ke customer, tanpa menggunakan
perantara.
· - E-Commerce
Penggunaan
e-commerce dengan tujuan situs perusahaan resmi (official website), informasi
mengenai produk asuransi melalui website serta penjualan prosuk asuransi online
yang mana akan memudahkan konsumen untuk mengetahui detail produk yang
ditawarkan
· - Bancassurance
Memasarkan produk asuransi yang dikembangkan
dan didistribusikan melalui jaringan bank. Distribusi produk melalui
bancassurance memiliki keunggulan seperti memberikan manfaat pada perusahaan
Asuransi dan bank, memberikan nilai tambah bagi nasabah, meningkatkan
pendapatan premi mengingat perbankan memiliki banyak cabang yang dapat
dimanfaatkan asuransi, dan distribusi cabang yang tersebar sampai pelosok
Indonesia.
· - Kartu
kredit
Bekerja sama dengan bank penerbit kartu
kredit untuk dapat menjamin ketidakmampuan atau kegagalan atau tidak
terpenuhinya kewajiban debitur apabila debitur mengalami kecelakaan (didominasi
oleh asuransi jiwa)
· - Micro
insurance
Perusahaan asuransi (khususnya kerugian)
menciptakan atau menghasilkan produk yang dapat menjangkau masyarakat bawah
yang berpenghasilan rendah dan preminya murah.
· - Melalui Agen atau Pialang Asuransi (melalui
perantara)
·
Sosialisasi, dengan makin berkembangnya
teknologi maka sosialisasi melalui internet tentunya akan lebih efektif dan
efisien.
· - Mencoba mendekati dan lebih mengenal calon
tertanggung (customer) dan membangun hubungan yang baik dengan tertanggung
· - Mengadakan seminar atau penyuluhan, selain
memfokuskan pada penjualan produk, kita juga tetap harus bisa menyediakan
informasi yang benar dan lengkap kepada customer
3. Apa
yang dimaksud dengan strategi pemasaran! Jelaskan bagaimana strategi pemasaran
motor Honda (Vario New) serta Buku Matematika terbitan Erlangga!
Jawab:
Strategi Pemasaran ialah strategi yang akan digunakan untuk
mencapai tujuannya dalam pengambilan
keputusan-keputusan tentang biaya pemasaran, bauran pemasaran, dan alokasi pemasaran yang akan membantu perusahaan dalam memperoleh dan
mengembangkan keunggulan bersaing (competitive advantages).
Strategi pemasaran pada motor Honda (Vario
New)
Ada beberapa strategi pemasaran yang dilakukan oleh Honda pada produk
motor Honda Vario New, dianataranya ialah :
- Dengan
menggunakan merek-nya (brand), yang
mana merek Honda sudah dikenal luas sebagai salah satu merek ternama, dan
terjamin dengan kualitas yang bagus. Menamakan produk dengan nama “Honda”
tentunya akan membuat konsumen tidak ragu akan kualitasnya.
- Pelayanan Purna Jual (after sales service), di mana Honda memberika jasa sebagai
jasa tambahan atas pembelian produk Honda Varion New. Seperti misalnya gratis
service dan ganti oli pada 4 bulan pertama.
- Word of mouth (pemasaran dari mulut ke
mulut), startegi
pemasaran yang dilakukan dengan cara meyakinkan konsumen dan memberikan
rekomendasi, memberi tahu kelebihan produk ini dan fitur-fitur terbaru.
Pemasaran seperti ini bisa juga terjadi dari konsumen ke konsumen.
- Promosi, Honda banyak melakukan promosi yang menarik, contohnya seperti iklan
di televisi dengan menggunakan model/artis yang terkenal dan memiliki banyak
penggemar untuk menarik perhatian konsumen yang lebih banyak, dan memasang
banner yang cukup besar.
- Memberikan hadiah/bonus, atas setiap pembelian Honda Vario New konsumen
akan mendapatkan bonus seperti helm honda, jaket honda, dll. Hal ini tentu akan
membuat konsumen lebih tertarik untuk membeli.
- Mendirikan Komunitas yang terdiri dari orang-orang yang
menggunakan Honda Vario New. Dengan adanya komunitas seperti ini, maka akan
memudahkan pemasaran.
- Melakukan CSR atau menjadi sponsor dalam
suatu acara, yang mana
akan membuat Honda lebih dikenal oleh masyarakat luas
- Potongan harga (discount), tentunya konsumen akan lebih tertarik jika
ada diskon. Hal seperti ini biasanya dilakukan pada saat ada event tertentu
seperti PRJ, dll.
Strategi pemasaran pada Buku
Matematika terbitan Erlangga
Dalam memasarkan buku matematika terbitan
Erlangga, strategi yang bisa dilakukan adalah sebagai berikut :
- Mengadakan bedah buku, pada acara seperti ini lah pihak penerbit
bisa memasarkan buku matematika lengkap dengan kelebihannya, seperti misalkan
buku yang dilengkapi dengan contoh-contoh soal beserta jawaban dan cara
pengerjaannya
- Memasarkan di toko buku ternama, dan menempatkan buku tersebut pada bagaian
“New Arrival” atau “Hot Item”
- Memasang iklan di media elektronik atau
banner pada toko buku, tentunya
hal ini akan membuat konsumen menjadi lebih aware akan produk (buku) ini
- Potongan harga (discount), memberikan diskon atau potongan harga jika
ada yang beli dalam jumlah banyak.
4. Jelaskan
pengertian lingkungan pemasaran! Coba Anda paparkan strategi yang digunakan
pabrik rokok dalam lingkungan pemasaran dimana mereka menjelaskan produk rokok
tidak berbahaya?
Jawab :
Lingkungan Pemasaran ialah keadaan yang terdiri dari pelaku dan
kekuatan di luar pemasaran (di luar kendali) yang mempengaruhi kemampuan suatu
usaha dalam mencapai tujuannya, yaitu mengembangkan dan mempertahankan
transaksi/hubungan yang sukses dengan para pelanggan sasarannya.
Strategi yang digunakan pabrik rokok dalam
lingkungan pemasarannya untuk menjelaskan produk rokok tidak
berbahaya ialah dengan menciptakan dan mempromosikan produk rokok terbaru
dengan kandungan nikotin dan tar yang rendah, yang mana tentunya akan lebih
aman untuk dikonsumsi. Contohnya seperti rokok mild. Promosinya biasa dilakukan
melalui iklan di tv, di koran, majalah, dan billboard.
Namun,
promosi melalui iklan tidak lah begitu efektif untuk membujuk konsumen untuk
membeli rokok tersebut, tetapi cenderung hanya mengingatkan produknya kepada
konsumen tentunya dengan kata-kata yang mudah diingat konsumen (contoh : para
perokok setia A mild).
Namun
menurut saya, bagaimanapun juga rokok tetap berbahaya dan para konsumen pun
pasti sudah mengetahuinya dengan cukup baik karena setiap bungkus rokok sudah
diberikan peringatan dan gambar-gambar yang merupakan dampak dari merokok. Tapi
dikarenakan sudah candu, maka konsumen tetap saja akan beli rokok tersebut.
Strategi
lain yang mungkin bisa dilakukan oleh pabrik rokok ialah dengan melakukan dan
mensponsori kegiatan-kegiatan social yang berdampak kepada masyarakat (CSR),
seperti pemberian beasiswa pendidikan dan membantu mengembangkan bakat anak-anak
muda dalam bidang olahraga seperti bulutangkis.
5. Jelaskan
yang dimaksud Perilaku Konsumen beserta pengaruhnya terhadap pemasaran! Jika
Anda sebagai manajer pemasaran lini bawah PT Coca Cola, bagaimana Anda
mengambil keputusan dalam hal membaca perilaku konsumen di tahun 2016!
Jawab :
Perilaku Konsumen ialah proses dan segala aktivitas yang
dilakukan seseorang atau sekelompok orang dalam melakukan pencarian, pemilihan,
pembelian, dan penggunaan serta pengevaluasian terhadap sebuah produk dalam
rangka pemenuhan kebutuhan atau keperluannya akan produk tersebut
Pengaruhnya terhadap pemasaran ialah dari perilaku konsumen, produsen
dapat mengetahui apa yang dibutuhkan konsumen, seperti apa seleranya dan
bagaimana konsumen mengambil keputusan. Ditambah lagi, Kebutuhan dan keinginan
para konsumen terus berubah. Produsen perlu bersungguh-sungguh berupaya untuk
menentukan kebutuhan konsumen mereka agar berhasil. Perilaku konsumen menjadi
dasar yang amat penting dalam pemasaran dan periklanan.
Perilaku konsumen di tahun 2016 (PT. Coca
Cola)
Berdasarkan
berita terkini di tahun 2016, produk coca cola dikatakan merupakan salah satu
produk minuman ringan yang banyak berisi gula yang mana akan meningkatkan
kemungkinan akan obesitas. Ditambah lagi, adanya pesaing yang menawarkan produk
sejenis dengan harga yang lebih murah (contoh : Big Cola)
Berdasarkan
lingkungan pemasaran seperti yang diungkapan di atas, maka saya selaku manajer
akan mengambil beberapa keputusan, seperti berikut:
-
Lebih
memfokuskan untuk mempromosikan produk Diet Coke, yang mana produk ini
merupakan produk yang bebas gula.
-
Berusaha
menciptakan inovasi baru terhadap produk-produk yang sudah ada, baik pada
kemasan, strategi pemasaran, serta perlengkapan penjualan baru yang lebih
berkualitas, kreatif, serta mempunyai ciri khas tersendiri.
- Mensponsori event-event tertentu dan mendirikan booth sekalian untuk promosi
- Mengadakan kegiatan-kegiatan yang menarik seperti menukarkan tutup botol, hadiah kejutan , dll
- Mensponsori event-event tertentu dan mendirikan booth sekalian untuk promosi
- Mengadakan kegiatan-kegiatan yang menarik seperti menukarkan tutup botol, hadiah kejutan , dll
6. Apakah
yang dimaksud dengan penjualan produk secara B2B dan B2C, jelaskan dengan
contohnya dalam kehidupan atau lingkungan Anda!
Jawab :
Penjualan produk secara Business-to-Business
(B2B) adalah sebuah
transaksi yang terjadi antara sesama entitas bisnis. B2B merupakan penjualan
produk atau jasa yang diberikan oleh bisnis tersebut dan diperuntukkan untuk
bisnis lain, bukan kepada customer.
Dalam hal
risiko, produk B2B umumnya dipandang memiliki risiko yang dirasakan lebih
tinggi dibandingkan dengan produk B2C karena nilai setiap transaksi lebih
tinggi
Contoh :
Perusahaan asuransi PT. MSIG Insurance yang hanya melakukan transaksi B2B
dengan perusahaan-perusahaan saja, hanya menawarkan asuransi untuk bisnis saja dan
tidak menawarkan asuransi ke customer (perorangan)
Penjualan produk secara Business-to-Customer
(B2C) adalah bisnis yang
melakukan pelayanan atau penjualan barang atau jasa kepada konsumen perorangan
atau grup secara langsung. Dengan kata lain, bisnis yang Anda lakukan
berhubungan langsung dengan konsumen bukan perusahaan atau bisnis lainnya.
Contohnya
ialah seperti di tempat saya bekerja yaitu di PT. Asuransi Central Asia, yang
mana menerapkan B2C, yaitu menawarkan bisnis/asuransi kepada customer/calon
tertanggung secara langsung. Tetapi, ada kalanya juga menerapkan transaksi B2B,
seperti misalkan penutupan asuransi pada perusahaan lain yang masih satu grup
(Salim Group)
Contoh
lain seperti pada e-commerce (Lazada, Bhinneka, Tiket.com, dll)
7. Bagaimana
tahapan pemasaran dan penetapan produk baru yang ideal? Jelaskan dengan contoh
ketika Anda ingin memasarkan produk Pizza di economart / econoidol !
Jawab :
Tahapan pemasaran dan penetapan produk
baru yang ideal bisa
dilakukan dengan menerapkan strategi pemasaran 4P (product, place, price dan
promotion). Dimulai dengan mengenalkan produk secara luas kepada masyarakat. Setelah
itu, dilanjutkan dengan focus kepada segmen pasar. Produsen harus memilih
segmen pasar yang cocok agar usaha pemasarannya tidak membutuhkan banyak uang
dan tenga yang terbuang.
Lalu,
menentukan tempat pemasaran. Menentukan tempat pemasaran ini tergantung pada
segmen pasar yang telah kita targetkan sebelumnya.
Berdasarkan
tempat pemasaran, kita bisa menentukan harga yang sesuai. Harga yang yang
dimaksud adalah yang yang memang sekiranya sesuai dengan produk, segmen pasar
dan tempat pemasarannya.
Langkah
terakhir ialah promosi, promosi perlu dilakukan supaya target pasar mengetahui
keberadaan produk yang kita buat. Promosi bisa dilakukan dengan banyak cara,
baik secara langsung maupun tidak langsung.
Dalam hal ingin
memasarkan produk Pizza di economart / econoidol, langkah-langkah yang akan saya lakukan
adalah sebagai berikut :
- Product
Produk yang akan saya buat adalah
Pizza, yang mana merupakan makanan yang sudah diketahui oleh orang-orang. Pertama,
saya harus mencari tahu pizza seperti apa yang diinginkan (ukuran, rasa, topping,
dll) oleh para mahasiswa. Kedua, menentukan sebuah nama yang pastinya harus catchy supaya mudah diingat.
- Place
Tempat pemasaran pastinya adalah di
Economart / Econoidol yang pastinya hampir semua mahasiswa tahu tempatnya dan
cukup strategis.
- Price
Pizza yang akan saya buat tentunya
pizza dengan biaya pembuatan yang tidak besar. Karena mengingat mayoritas dari target
pasar adalah mahasiswa. Harganya mungkin kisaram Rp. 5.000,- s/d Rp. 7.000,-
- Promotion
Promosi yang dilakukan
untuk pemasaran ini bisa dilakukan dengan berjualan keliling kampus, supaya bisa
mengenalkan produk secara langsung.
Promosinya juga bisa
dilakukan melalui media social, contohnya seperti akun instagram, facebook dan twitter
milik UNJ.
8. Jelaskan kasus pemasaran yang pernah
anda ketahui di tahun 2016 !
Jawab :
Kasus
pemasaran yang cukup heboh pada tahun 2016 ini adalah pemasaran jasa
transportasi online, Gojek, salah satunya. Jasa transportasi yang berbasis
aplikasi ini cukup membuat banyak pro dan kontra. Konsumen tentu banyak yang
menyukai jasa ini karena lebih praktis dan sangat murah dikarenakan adanya
promo. Ongkos yang dikeluarkan hanya Rp. 10.000 (sekitar Jakarta) sangat murah
bukan?
Pemasaran
yang dilakukan Gojek :
- Melalui
media periklanan, seperti menggunakan media Internet dan juga melalui
tradisional markering seperti publikasi memalui brosur dan juga dari mulut ke
mulut, mengingat produk ini adalah tergolong produk baru di Indonesia
- Proses
transaksi yang mudah. Gojek memberikan 2 fasilitas pembayaran, yaitu dengan cash dan dengan saldo Go-Pay. Tentunya hal ini akan membuat
orang-orang jadi lebih tertarik untuk menggunakannya.
-
Memberikan
kode promo. Setiap orang yang baru memiliki akun gojek akan mendapatkan kode
promo. Lalu, jika orang lain membuat akun baru gojek dan memasukan kode promo
tersebut, maka kedua orang tersebut akan mendapat saldo tambahan.
- Menambah
variasi jasa yang diberikan. Gojek yang bermula hanya untuk mengantar-jemput,
sekarang Gojek memilik banya pilihan yang sesuai dengan kebutuhan orang-orang. Muali
dari Go-Food untuk memesan makanan sampai dengan Go-Massage untuk pelayan
massage
Daftar Pustaka
Tidak ada komentar:
Posting Komentar