Kamis, 03 November 2016

UTS Manajemen Pemasaran-Arnold Arzelan

Arnold Arzelan
8335154461
S1 AP Akuntansi 2015
Universitas Negeri Jakarta

UTS
MANAJEMEN PEMASARAN


1.  Apakah yang dimaksud pemasaran? Jelaskan beserta perubahan teori dan konsep pemasaran!

Jawab :

Pemasaran adalah suatu aktivitas dalam proses social di mana masing-masing individu dan kelompok mendapatkan apa yang dibutuhkan dan diinginkan dengan menciptakan (barang atau jasa), mengkomunikasikan, menawarkan, mengirimkan dan mempertukarkan barang atau jasa yang bernilai tersebut dengan pihak lain.

Perubahan teori yang terjadi pada pemasaran sudah mengalami 5 perubahan. Dimulai dari era pertukaran sederhana (simple trade era), era produksi (production era), era penjualan (sales era), era departemen pemasaran (marketing departemen era), dan era perusahaan pemasaran (marketing company era). Semua perubahan ini terjadi dikarenakan adanya perubahan pada lingkungan internal dan eksternal dari pemasaran itu sendiri. Seperti misalkan karena adanya perubahan gaya hidup di masyarakat, memenuhi kebutahan/keinginan konsumen dan untuk memiliki keunggulan bersaing (competitive advantages)

Konsep pada pemasaran :
a.    Konsep Produksi
Ide dasarnya adalah untuk mengidentifikasi produk apakah yang paling banyak digunakan oleh konsumen. Konsep ini berpendapat bahwa konsumen akan menyukai produk yang tersedia dimana-mana dengan harga yang murah.
Contoh : produk-produk China, seperti computer Lenovo yang cukup mendominasi  dan kompetitif di pasaran, harga yang terjangkau dengan biaya tenaga kerja yang rendah, dan efisiensi produk yang tinggi
b.    Konsep Produk
Konsep ini mengatakan bahwa konsumen akan menyukai produk yang menawarkan mutu, performansi dan terus melakukan improvement/peningkatan. Karena konsumen juga pasti tahu tentang kualitas produk, tidak hanya harga yang murah saja. Oleh karena itu, produk yang dihasilkan harus memiliki nilai yang baik, memiliki kelebihan dibanding produk sejenis lainnya, memiliki inovasi dan perbaikan yang berkelanjutan (terus-menerus) dan juga tahan lama.
Contoh : konsumen akan lebih memilih untuk menggunakan pesawat dibandingkan kereta, meskipun biayanya lebih mahal        
c.     Konsep Penjualan
Konsep ini berpendapat bahwa konsumen hanya akan membeli suatu produk jika perusahaan tersebut melakukan penjualan dalam skala besar dan melakukan promosi secara agresif. Konsep ini diterapkan untuk penjualan barang dan jasa yang mana pada umumnya tidak dibeli oleh konsumen, seperti Asuransi, kamus, dll. Tujuannya ialah untuk menjual apa yang diproduksi oleh perusahaan, dibandingkan membuat produk yang diinginkan oleh konsumen
Contoh : penjualan produk Asuransi 
d.    Konsep Pemasaran
Konsep ini focus kepada kebutuhan/keinginan dari target pasar mereka dan menyampaikan keunggulan produknya dibandingkan dengan competitor serta memberikan kepuasan yang diharapkan (customer oriented). Maka dari itu, produk harus dipasarkan sedemikian rupa sehingga konsumen merasa bahwa suatu produk telah dibuat khusus untuknya.
Contoh : produk shampoo / sabun dengan berbagai varian, untuk memenuhi keinginan dan selera konsumen yang berbeda-beda
e.    Konsep Pemasaran Sosial
Pada konsep ini, perusahaan tidak boleh hanya focus kepada konsumen tetapi juga kepada masyarakat social. Jadi, perusahaan harus bisa menjaga keseimbangan antara keuntungan perusahaan, kebutuhan konsumen dan kesejahteraan masyarakat.
Contoh : perusahaan yang memproduksi produk yang eco-friendly, melakukan CSR dll

f.     Konsep Pemasaran Global
Pada konsep ini, para manajer eksekutif berupaya memahami semua faktor- faktor lingkungan yang mempengaruhi pemasaran melalui manajemen strategis. tujuan akhirnya adalah berupaya untuk memenuhi keinginan semua pihak yang terlibat, mulai dari perencanaan, proses produksi, penempatan dan mempromosikan produk .

       2. Jelaskan bagaimana konsep pemasaran di perusahaan tempat Anda bekerja (jika belum bekerja tempatnya adalah di kampus)!

Jawab :

Saya bekerja di perusahaan yang bergerak di bidang asuransi. Konsep pemasaran yang digunakan ialah Konsep Pemasaran (marketing concept), di mana perusahaan Asuransi berusaha menjual, mempromosikan dan mengenalkan produknya ke konsumen. Pemasarannya dilakukan dengan beberapa cara dan pendekatan, yaitu :

·        - Langsung dengan Tertanggung (B2C), yaitu pemasaran yang dilakukan secara langsung ke customer, tanpa menggunakan perantara.
·          -  E-Commerce
Penggunaan e-commerce dengan tujuan situs perusahaan resmi (official website), informasi mengenai produk asuransi melalui website serta penjualan prosuk asuransi online yang mana akan memudahkan konsumen untuk mengetahui detail produk yang ditawarkan
·         - Bancassurance
Memasarkan produk asuransi yang dikembangkan dan didistribusikan melalui jaringan bank. Distribusi produk melalui bancassurance memiliki keunggulan seperti memberikan manfaat pada perusahaan Asuransi dan bank, memberikan nilai tambah bagi nasabah, meningkatkan pendapatan premi mengingat perbankan memiliki banyak cabang yang dapat dimanfaatkan asuransi, dan distribusi cabang yang tersebar sampai pelosok Indonesia.
·          -  Kartu kredit
Bekerja sama dengan bank penerbit kartu kredit untuk dapat menjamin ketidakmampuan atau kegagalan atau tidak terpenuhinya kewajiban debitur apabila debitur mengalami kecelakaan (didominasi oleh asuransi jiwa)
·         - Micro insurance
Perusahaan asuransi (khususnya kerugian) menciptakan atau menghasilkan produk yang dapat menjangkau masyarakat bawah yang berpenghasilan rendah dan preminya murah.
·         - Melalui Agen atau Pialang Asuransi (melalui perantara)
·         Sosialisasi, dengan makin berkembangnya teknologi maka sosialisasi melalui internet tentunya akan lebih efektif dan efisien.
·    - Mencoba mendekati dan lebih mengenal calon tertanggung (customer) dan membangun hubungan yang baik dengan tertanggung
·      -  Mengadakan seminar atau penyuluhan, selain memfokuskan pada penjualan produk, kita juga tetap harus bisa menyediakan informasi yang benar dan lengkap kepada customer


    3. Apa yang dimaksud dengan strategi pemasaran! Jelaskan bagaimana strategi pemasaran motor Honda (Vario New) serta Buku Matematika terbitan Erlangga!

Jawab:

Strategi Pemasaran ialah strategi yang akan digunakan untuk mencapai tujuannya dalam pengambilan keputusan-keputusan tentang biaya pemasaran, bauran pemasaran, dan alokasi pemasaran yang akan membantu perusahaan dalam memperoleh dan mengembangkan keunggulan bersaing (competitive advantages).

Strategi pemasaran pada motor Honda (Vario New)
            Ada beberapa strategi pemasaran yang dilakukan oleh Honda pada produk motor Honda Vario New, dianataranya ialah :


-   Dengan menggunakan merek-nya (brand), yang mana merek Honda sudah dikenal luas sebagai salah satu merek ternama, dan terjamin dengan kualitas yang bagus. Menamakan produk dengan nama “Honda” tentunya akan membuat konsumen tidak ragu akan kualitasnya.
-      Pelayanan Purna Jual (after sales service), di mana Honda memberika jasa sebagai jasa tambahan atas pembelian produk Honda Varion New. Seperti misalnya gratis service dan ganti oli pada 4 bulan pertama.
-    Word of mouth (pemasaran dari mulut ke mulut), startegi pemasaran yang dilakukan dengan cara meyakinkan konsumen dan memberikan rekomendasi, memberi tahu kelebihan produk ini dan fitur-fitur terbaru. Pemasaran seperti ini bisa juga terjadi dari konsumen ke konsumen.
-  Promosi, Honda banyak melakukan promosi yang menarik, contohnya seperti iklan di televisi dengan menggunakan model/artis yang terkenal dan memiliki banyak penggemar untuk menarik perhatian konsumen yang lebih banyak, dan memasang banner yang cukup besar.
-   Memberikan hadiah/bonus, atas setiap pembelian Honda Vario New konsumen akan mendapatkan bonus seperti helm honda, jaket honda, dll. Hal ini tentu akan membuat konsumen lebih tertarik untuk membeli.
-    Mendirikan Komunitas yang terdiri dari orang-orang yang menggunakan Honda Vario New. Dengan adanya komunitas seperti ini, maka akan memudahkan pemasaran.
-     Melakukan CSR atau menjadi sponsor dalam suatu acara, yang mana akan membuat Honda lebih dikenal oleh masyarakat luas
-   Potongan harga (discount), tentunya konsumen akan lebih tertarik jika ada diskon. Hal seperti ini biasanya dilakukan pada saat ada event tertentu seperti PRJ, dll.

Strategi pemasaran pada Buku Matematika terbitan Erlangga
                Dalam memasarkan buku matematika terbitan Erlangga, strategi yang bisa dilakukan adalah sebagai berikut :
-     Mengadakan bedah buku, pada acara seperti ini lah pihak penerbit bisa memasarkan buku matematika lengkap dengan kelebihannya, seperti misalkan buku yang dilengkapi dengan contoh-contoh soal beserta jawaban dan cara pengerjaannya
-     Memasarkan di toko buku ternama, dan menempatkan buku tersebut pada bagaian “New Arrival” atau “Hot Item”
-    Memasang iklan di media elektronik atau banner pada toko buku, tentunya hal ini akan membuat konsumen menjadi lebih aware akan produk (buku) ini
-   Potongan harga (discount), memberikan diskon atau potongan harga jika ada yang beli dalam jumlah banyak.


    4. Jelaskan pengertian lingkungan pemasaran! Coba Anda paparkan strategi yang digunakan pabrik rokok dalam lingkungan pemasaran dimana mereka menjelaskan produk rokok tidak berbahaya?

Jawab :

Lingkungan Pemasaran ialah keadaan yang terdiri dari pelaku dan kekuatan di luar pemasaran (di luar kendali) yang mempengaruhi kemampuan suatu usaha dalam mencapai tujuannya, yaitu mengembangkan dan mempertahankan transaksi/hubungan yang sukses dengan para pelanggan sasarannya.
Strategi yang digunakan pabrik rokok dalam lingkungan pemasarannya untuk menjelaskan produk rokok tidak berbahaya ialah dengan menciptakan dan mempromosikan produk rokok terbaru dengan kandungan nikotin dan tar yang rendah, yang mana tentunya akan lebih aman untuk dikonsumsi. Contohnya seperti rokok mild. Promosinya biasa dilakukan melalui iklan di tv, di koran, majalah, dan billboard.  

Namun, promosi melalui iklan tidak lah begitu efektif untuk membujuk konsumen untuk membeli rokok tersebut, tetapi cenderung hanya mengingatkan produknya kepada konsumen tentunya dengan kata-kata yang mudah diingat konsumen (contoh : para perokok setia A mild).

Namun menurut saya, bagaimanapun juga rokok tetap berbahaya dan para konsumen pun pasti sudah mengetahuinya dengan cukup baik karena setiap bungkus rokok sudah diberikan peringatan dan gambar-gambar yang merupakan dampak dari merokok. Tapi dikarenakan sudah candu, maka konsumen tetap saja akan beli rokok tersebut.

Strategi lain yang mungkin bisa dilakukan oleh pabrik rokok ialah dengan melakukan dan mensponsori kegiatan-kegiatan social yang berdampak kepada masyarakat (CSR), seperti pemberian beasiswa pendidikan dan membantu mengembangkan bakat anak-anak muda dalam bidang olahraga seperti bulutangkis.


    5. Jelaskan yang dimaksud Perilaku Konsumen beserta pengaruhnya terhadap pemasaran! Jika Anda sebagai manajer pemasaran lini bawah PT Coca Cola, bagaimana Anda mengambil keputusan dalam hal membaca perilaku konsumen di tahun 2016!

Jawab :

Perilaku Konsumen ialah proses dan segala aktivitas yang dilakukan seseorang atau sekelompok orang dalam melakukan pencarian, pemilihan, pembelian, dan penggunaan serta pengevaluasian terhadap sebuah produk dalam rangka pemenuhan kebutuhan atau keperluannya akan produk tersebut

Pengaruhnya terhadap pemasaran ialah dari perilaku konsumen, produsen dapat mengetahui apa yang dibutuhkan konsumen, seperti apa seleranya dan bagaimana konsumen mengambil keputusan. Ditambah lagi, Kebutuhan dan keinginan para konsumen terus berubah. Produsen perlu bersungguh-sungguh berupaya untuk menentukan kebutuhan konsumen mereka agar berhasil. Perilaku konsumen menjadi dasar yang amat penting dalam pemasaran dan periklanan.

Perilaku konsumen di tahun 2016 (PT. Coca Cola)
Berdasarkan berita terkini di tahun 2016, produk coca cola dikatakan merupakan salah satu produk minuman ringan yang banyak berisi gula yang mana akan meningkatkan kemungkinan akan obesitas. Ditambah lagi, adanya pesaing yang menawarkan produk sejenis dengan harga yang lebih murah (contoh : Big Cola)

Berdasarkan lingkungan pemasaran seperti yang diungkapan di atas, maka saya selaku manajer akan mengambil beberapa keputusan, seperti berikut:
-       Lebih memfokuskan untuk mempromosikan produk Diet Coke, yang mana produk ini merupakan produk yang bebas gula.
-       Berusaha menciptakan inovasi baru terhadap produk-produk yang sudah ada, baik pada kemasan, strategi pemasaran, serta perlengkapan penjualan baru yang lebih berkualitas, kreatif, serta mempunyai ciri khas tersendiri.
-     Mensponsori event-event tertentu dan mendirikan booth sekalian untuk promosi
-    Mengadakan kegiatan-kegiatan yang menarik seperti menukarkan tutup botol, hadiah kejutan , dll


      6. Apakah yang dimaksud dengan penjualan produk secara B2B dan B2C, jelaskan dengan contohnya dalam kehidupan atau lingkungan Anda!

Jawab :

Penjualan produk secara Business-to-Business (B2B) adalah sebuah transaksi yang terjadi antara sesama entitas bisnis. B2B merupakan penjualan produk atau jasa yang diberikan oleh bisnis tersebut dan diperuntukkan untuk bisnis lain, bukan kepada customer.
Dalam hal risiko, produk B2B umumnya dipandang memiliki risiko yang dirasakan lebih tinggi dibandingkan dengan produk B2C karena nilai setiap transaksi lebih tinggi
Contoh : Perusahaan asuransi PT. MSIG Insurance yang hanya melakukan transaksi B2B dengan perusahaan-perusahaan saja, hanya menawarkan asuransi untuk bisnis saja dan tidak menawarkan asuransi ke customer (perorangan)

Penjualan produk secara Business-to-Customer (B2C) adalah bisnis yang melakukan pelayanan atau penjualan barang atau jasa kepada konsumen perorangan atau grup secara langsung. Dengan kata lain, bisnis yang Anda lakukan berhubungan langsung dengan konsumen bukan perusahaan atau bisnis lainnya.
Contohnya ialah seperti di tempat saya bekerja yaitu di PT. Asuransi Central Asia, yang mana menerapkan B2C, yaitu menawarkan bisnis/asuransi kepada customer/calon tertanggung secara langsung. Tetapi, ada kalanya juga menerapkan transaksi B2B, seperti misalkan penutupan asuransi pada perusahaan lain yang masih satu grup (Salim Group)
Contoh lain seperti pada e-commerce (Lazada, Bhinneka, Tiket.com, dll)


     7. Bagaimana tahapan pemasaran dan penetapan produk baru yang ideal? Jelaskan dengan contoh ketika Anda ingin memasarkan produk Pizza di economart / econoidol !

Jawab :

Tahapan pemasaran dan penetapan produk baru yang ideal bisa dilakukan dengan menerapkan strategi pemasaran 4P (product, place, price dan promotion). Dimulai dengan mengenalkan produk secara luas kepada masyarakat. Setelah itu, dilanjutkan dengan focus kepada segmen pasar. Produsen harus memilih segmen pasar yang cocok agar usaha pemasarannya tidak membutuhkan banyak uang dan tenga yang terbuang.
Lalu, menentukan tempat pemasaran. Menentukan tempat pemasaran ini tergantung pada segmen pasar yang telah kita targetkan sebelumnya.
Berdasarkan tempat pemasaran, kita bisa menentukan harga yang sesuai. Harga yang yang dimaksud adalah yang yang memang sekiranya sesuai dengan produk, segmen pasar dan tempat pemasarannya.
Langkah terakhir ialah promosi, promosi perlu dilakukan supaya target pasar mengetahui keberadaan produk yang kita buat. Promosi bisa dilakukan dengan banyak cara, baik secara langsung maupun tidak langsung.
Dalam hal ingin memasarkan produk Pizza di economart / econoidol, langkah-langkah yang akan saya lakukan adalah sebagai berikut :
-       Product
Produk yang akan saya buat adalah Pizza, yang mana merupakan makanan yang sudah diketahui oleh orang-orang. Pertama, saya harus mencari tahu pizza seperti apa yang diinginkan (ukuran, rasa, topping, dll) oleh para mahasiswa. Kedua, menentukan sebuah nama yang pastinya harus catchy supaya mudah diingat.

-       Place
Tempat pemasaran pastinya adalah di Economart / Econoidol yang pastinya hampir semua mahasiswa tahu tempatnya dan cukup strategis.

-       Price
Pizza yang akan saya buat tentunya pizza dengan biaya pembuatan yang tidak besar. Karena mengingat mayoritas dari target pasar adalah mahasiswa. Harganya mungkin kisaram Rp. 5.000,- s/d Rp. 7.000,-

-       Promotion
Promosi yang dilakukan untuk pemasaran ini bisa dilakukan dengan berjualan keliling kampus, supaya bisa mengenalkan produk secara langsung.
Promosinya juga bisa dilakukan melalui media social, contohnya seperti akun instagram, facebook dan twitter milik UNJ.


      8. Jelaskan kasus pemasaran yang pernah anda ketahui di tahun 2016 !

Jawab :

Kasus pemasaran yang cukup heboh pada tahun 2016 ini adalah pemasaran jasa transportasi online, Gojek, salah satunya. Jasa transportasi yang berbasis aplikasi ini cukup membuat banyak pro dan kontra. Konsumen tentu banyak yang menyukai jasa ini karena lebih praktis dan sangat murah dikarenakan adanya promo. Ongkos yang dikeluarkan hanya Rp. 10.000 (sekitar Jakarta) sangat murah bukan?
Pemasaran yang dilakukan Gojek :
-      Melalui media periklanan, seperti menggunakan media Internet dan juga melalui tradisional markering seperti publikasi memalui brosur dan juga dari mulut ke mulut, mengingat produk ini adalah tergolong produk baru di Indonesia
-      Proses transaksi yang mudah. Gojek memberikan 2 fasilitas pembayaran, yaitu dengan cash dan dengan saldo Go-Pay. Tentunya hal ini akan membuat orang-orang jadi lebih tertarik untuk menggunakannya.
-       Memberikan kode promo. Setiap orang yang baru memiliki akun gojek akan mendapatkan kode promo. Lalu, jika orang lain membuat akun baru gojek dan memasukan kode promo tersebut, maka kedua orang tersebut akan mendapat saldo tambahan.
-    Menambah variasi jasa yang diberikan. Gojek yang bermula hanya untuk mengantar-jemput, sekarang Gojek memilik banya pilihan yang sesuai dengan kebutuhan orang-orang. Muali dari Go-Food untuk memesan makanan sampai dengan Go-Massage untuk pelayan massage


Daftar Pustaka



Tidak ada komentar:

Posting Komentar